+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Jum'at, 22/09/2017
 LATEST TWEETS   

Pimpinan DPR Dukung Penuh Budaya Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita

Foto: Instagram Kwarnas

Foto: Instagram Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Wakil Ketua DPR RI, Kak Taufik Kurniawan mengapresiasi lomba video reportase yang diadakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Menurutnya, Pramuka sudah memulai budaya menggunakan telepon genggam dan medsos untuk hal-hal positif. Ia berharap agar kegiatan lomba seperti ini terus diadakan, baik tingkat nasional maupun daerah.‎

“Pramuka sudah kerja nyata membantu promosi kuliner, budaya, pariwisata Indonesia. Ini juga menjadi salah satu proses pendidikan jurnalistik di Pramuka yang patut dipertahankan. Saya sangat mendukung dan setuju itu,” ujar Kak Taufik saat di Gedung Nusantara III DPR‎, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Kak Taufik kagum dengan kemampuan Pramuka di daerah membuat video reportase wisata daerah, kuliner dan produk lokal. Seperti Kak Abdul Karim, Pramuka Siaga (SD) yang mengenalkan lokasi wisata tambang batu kapur di Bukit Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Videonya dapat dilihat di: https://www.instagram.com/p/BSfV3LxAmET/?r=wa1.

Menurut Kak Taufik, anak SD sudah mampu membuat video seperti itu luar biasa. Ia kagum karena rata-rata yang ikut lomba adalah peserta dengan usia 7-25 tahun. Ini harus didukung Kemendikbud, Kemenpora dan Kementerian Pariwisata.

“Pramuka sudah memulai. Semoga ini jadi budaya di kalangan anak muda, budaya menggunakan telepon genggam untuk hal-hal positif seperti yang dilakukan Pramuka,” pungkasnya.

Diketahui, lomba video reportase Pramuka dimulai pada 21 Februari 2017 hingga 25 April 2017. Video-video tersebut bisa ditonton di akun Instagram @gerakanpramuka dan @reporterpramuka. Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault tidak menyangka animo Pramuka ikut kegiatan ini begitu luar biasa.

“Tidak mudah menentukan pemenang, ini kesimpulan saya setelah melihat video-video tersebut di akun Instagram @gerakanpramuka dan @reporterpramuka. Bagus-bagus semua, anak-anak kita membanggakan. Setiap Pramuka adalah kantor berita perlahan telah jadi budaya, bukan lagi semboyan saja,” ujar Kak Adhyaksa Dault.

Pria yang memiliki hobi mendaki gunung ini menambahkan, lomba ini diadakan untuk membangkitkan semangat adik-adik Pramuka agar lebih aktif mempromosikan potensi daerahnya. Seperti pariwisata, produk lokal, kuliner, budaya dan sosok tokoh inspiratif. Juga sekaligus untuk membumikan semboyan Kwarnas, yakni “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita.”

Kwarnas akan memberikan hadiah bagi juara I sebesar, Rp 6.000.000 (enam juta rupiah). ‎Juara II Rp 4.000.000 (empat juta rupiah). ‎Juara III Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah). Dan ‎12 video reportase terbaik lainnya atau terfavorit, masing-masing mendapatkan Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)‎.‎ (HA/Tim Siber Pramuka)