+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Jum'at, 20/07/2018
 LATEST TWEETS   

Pramuka Bantu Evakuasi Wisatawan Tenggelam di Curug Nangga Banyumas

 Kwarnas  23 Juni 2018  198 views

Foto: Dok. Humas Kwarcab Banyumas

BANYUMAS, PRAMUKA.OR.ID – Anggota Pramuka Peduli bersama sama Tim SAR membatu mengevakuasi dua wisatawan yang dilaporkan hilang akibat tenggelam di Curug Nangga, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas.

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Heriana Ady Chandra mengatakan, korban bernama Iksanudin (30), warga Kampung Rawa Aren RT 01 RW 02, Desa Aren Jaya, Bekasi, dan Andini (16), warga Desa Tegalandong, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal. Peristiwa nahas itu terjadi pada hari Selasa sore (19/6), sekitar pukul 17.00 WIB. Kedua korban berwisata ke Curug Nangga bersama kerabatnya. Saat melakukan swafoto (selfie) korban jatuh dan akhirnya tenggelam dan hilang.

Ady menambahkan, rekan-rekan korban yang mengetahui kejadian berusaha memberi pertolongan namun tidak berhasil. Mereka kemudian melaporkannya ke petugas Curug Nangga yang ditindaklanjuti dengan laporan ke pihak-pihak terkait lainnya.

Setelah menerima laporan, Pramuka Peduli bersama relawan lainnya langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan upaya pencarian secara manual.

“Upaya pencarian secara manual telah dilakukan hingga pukul 23.15 WIB. Akan tetapi, kedua korban belum ditemukan karena kedalaman kolam berkisar 5-7 meter dan cuaca sangat gelap. Upaya pencarian dilanjutkan Rabu pagi (20/6) dengan cara penyelaman oleh rekan-rekan dari BASARNAS,” katanya.

Dalam suasana yang sudah terang, korban dapat diangkat dari dasar Curug oleh BASARNAS Pos SAR Cilacap. Jenazah pertama atas nama Andini diangkat pukul 08.15 WIB. Kemudian jenazah kedua atas nama Ikhsan Udin pukul 08.30 WIB. Saat ditemukan masing-masing jenazah berdekatan.

“Kedua korban dievakuasi ke Puskesmas Pekuncen, selanjutnya diantar ke rumah duka di Slawi, Tegal menggunakan Ambulance PMI Kabupaten Banyumas dan PUSKESMAS Pekuncen.

Selain BASARNAS Pos SAR Cilacap, BPBD Kabupaten Banyumas, dan Tagana, operasi pencarian dua korban tenggelam di Curug Nangga juga melibatkan personel Koramil dan Polsek Pekuncen, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Tagana, Tim Reaksi Cepat Informasi Kebencanaan Radio Antar-Penduduk Indonesia serta masyarakat dan Pemerintah Desa Petahunan. (PAR/AK)