+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 23/04/2018
 LATEST TWEETS   

Pramuka Denpasar Komitmen Didik Karakter Anak

 Kwarnas  8 Februari 2018  104 views
Foto: Dok. Kwarda Bali

Foto: Dok. Kwarda Bali

BALI, PRAMUKA.OR.ID – Pemerintah Kota Denpasar menyatakan mendukung setiap kegiatan kepramukaan di daerah tersebut. Pasalnya, Gerakan Pramuka mempunyai peran penting dalam pendidikan karakter anak di sekolah.

Demikian disampaikan Sekda Kota Denpasar AAN Kak Rai Iswara saat membuka kursus orientasi kepramukaan yang diikuti Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK se-Kota Denpasar, Jumat (2/2) di Gedung Graha Sewaka Dharma.

Mewakili Walikota Denpasar, Kak Rai Iswara menjelaskan, Pemkot Denpasar di bawah kepemimpinan Walikota IB Kak Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota IGN Kak Jaya Negara sangat berkomitmen untuk memperkuat pendidikan karakter sejak mulai bangku sekolah.

Menurutnya, selama ini Pramuka telah mampu mewujudkan pendidikan dasar yang berkarakter sehingga pendidikan di Kota Denpasar kuat dan maju. Pendidikan karakter yang dilakukan Pramuka dapat membentuk moralitas yang kuat pada anak-anak sekolah. Untuk itu, pihaknya sangat mendukung kegiatan kursus orientasi kepramukaan sekaligus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Pramuka ini.

“Kursus orientasi kepramukaan ini sangat bagus untuk meningkatkan SDM pramuka sehingga kedepannya dapat lebih menguatkan pendidikan karakter pada anak-anak didik,” ujar Kak Rai Iswara. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang silahturahmi antarpengurus Pramuka di Kota Denpasar.

Dalam kesempatan itu Kak Rai Iswara mengingatkan agar peserta memerhatikan empat hal yang harus dijaga, sehingga Pramuka tetap eksis, yaitu: penguatan lembaga organisasi dengan selalu berpatokan pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Pramuka juga harus menjaga citra dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak nama Pramuka itu sendiri. Selanjutnya pramuka harus terus meningkatkan sumber daya manusia, salah satunya dengan kursus-kursus semacam ini. Terakhir, Pramuka harus mampu menjaga rasa kebersamaan, mengingat hal tersebut merupakan dasar dari pelaksanaan Geramukan Pramuka.

Dukungan Pemkot Denpasar itu jug ditegaskan Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Denpasar Kak I Gusti Lanang Jelantik. Dia mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar sangat mendukung setiap pelaksanaan kegiatan Pramuka di kota tersebut. Keberpihakan Pemerintah Kota Denpasar terhadap kegiatan Pramuka terlihat dari dukungan penuh pada pendidikan karakter yang dilakukan Pramuka.

Hal ini menjadi salah satu faktor yang mengantarkan Kota Denpasar meraih IPM tertinggi di Bali bahkan di Indonesia sebasar, yaitu 82,58. Di samping itu, menurut Lanang Jelantik IPM juga sebagai indikator keberhasilan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Denpasar di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Kursus ini juga digelar dalam rangka HUT Kota Denpasar yang diperingati pada tanggal 27 Februari dan HUT Pramuka yang diperingati pada tanggal yang sama. Selain kursus, juga dilaksanakan Pesta Siaga yang diikuti Pramuka dari kalangan anak-anak. (IST/AK)