+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 19/11/2017
 LATEST TWEETS   

Pramuka Kepulauan Anambas Akan Kibarkan Bendera di Tapal Batas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault menyambut baik rencana pengibaran bendera merah putih di Pulau Terluar, yang akan diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Anambas. Hal ini disampaikan saat audiensi dengan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kepulauan Anambas di Gedung Kwarnas Gerakan Pramuka. “Kita akan dukung kegiatan ini,” ucap Kak Adhyaksa,” Kamis 18/05/2017.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kepulauan Anambas, Kak Wan Zuhendra mengatakan, audiensi ini dilakukan untuk meminta masukan dan arahan dari Kwarnas.

“Tujuan dari audiensi ini, meminta masukan dan arahan dari Kwarnas, mengenai kegiatan yang sudah kita siapkan, yaitu pengibaran bendera di Pulau Terluar Kepulauan Anambas,” terang Kak Wan.

Kak Wan Zuhendra menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian Pramuka dalam menjaga dan mempertahankan daerah perbatasan, serta menumbuhkan nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme terhadap bangsa dan negara di kalangan generasi muda.

“Kegiatan ini merupkan bentuk kepedulian anggota Pramuka dalam menjaga dan mempertahankan daerah perbatasan, serta menumbuhkan nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme terhadap bangsa dan negara,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan mendorong partisipasi dan peran aktif pemuda agar peduli terhadap wilayah perbatasan, serta membangkitkan sikap kritis pemuda terhadap wilayahnya,” lanjutnya.

Menurut Wakil Bupati Kepulauan Anambas ini, Kwarnas mendukung rencana kegiatan tersebut, karena pesan yang ingin disampaikan juga sama, yaitu menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme dikalangan anggota Pramuka.

“Ketua Kwarnas menyambut baik dan mendukung kegiatan ini, karena pesan yang ingin disampaikan juga sama, yaitu bagaimana Pramuka memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme,” pungkasnya.

Rencananya, Kegiatan ini akan dilaksanakan di Pulau Tokong Nanas, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. Jarak Tempuh dari Tarempa ke Lokasi kurang lebih 1 Jam (17,5 nm) menggunakan speedboat.

Diketahui, Kepulauan Anambas merupakan daerah otonom maritim yang beribukota di Tarempea, Propinsi Kepulauan Riau. Terdiri dari 7 Kecamatan, 2 Kelurahan dan 52 Desa, 5 dari 7 pusat pemerintahan kecamatan berada pada pulau yang berbeda.

Sementara letak geografisnya, sebelah utara berbatasan dengan Kamboja, Vietnam dan Thailand, sebelah selatan berbatasan dengan Kepulauan Tambelan Kabupaten Bintan, sebelah barat berbatasan dengan Malaysia, dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Natuna. (Mustholih/Tim Siber Pramuka)