+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 18/12/2017
 LATEST TWEETS   

Pramuka Tiga Kali Raih Penghargaan World Messengers of Peace Hero, Siapa Saja?

Sekretaris Jenderal World Organization of Scout Movement (WOSM), Ahmed al-Hendawi memberikan World Messengers of Peace Hero Award kepada Kak Venny Indri Christiyanti di WOSM Global Support Centre, Kuala Lumpur, Malaysia (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Sekretaris Jenderal World Organization of Scout Movement (WOSM), Ahmed al-Hendawi memberikan World Messengers of Peace Hero Award kepada Kak Venny Indri Christiyanti di WOSM Global Support Centre, Kuala Lumpur, Malaysia (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Sekretaris Jenderal World Organization of Scout Movement (WOSM), Kak Ahmed al-Hendawi memberikan World Messengers of Peace Hero Award kepada Kak Venny Indri Christiyanti di WOSM Global Support Centre, Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu siang, 3 Desember 2017. Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya diraih oleh Pramuka Indonesia. Siapa dan apa saja yang sudah mereka lakukan?

“Dari WOSM diberikan untuk orang-orang yang berkontribusi terhadap penyebaran pesan perdamaian. Penghargaan ini mulai diberikan sejak tahun 2013,” ungkap Veny Indri Christiyanti.

Ia mengatakan, selain dirinya, tahun 2016 lalu Pramuka Indonesia juga mendapatkan penghargaan serupa. Ia adalah Kak Jaenal Mutakin, anggota Gerakan Pramuka dari Kwarcab Kuningan, Jawa Barat. Waktu itu penghargaan diberikan oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan Raja Swedia Carl XVI Gustav.

Kak Jaenal mendapatkan penghargaan itu atas dedikasinya menginisiasi sebuah proyek Messenger of Peace (MoP), yaitu Scout Journey for Peace (SJFP). SJFP adalah MoP dari Indonesia yang mengundang adik-adik Pramuka untuk menyebarluaskan pesan perdamaian di dalam kereta api dan di sekitar stasiun kereta api dengan melakukan kegiatan sosial dan pelayanan kepada masyarakat.

Sebelumnya, di tahun 2013, Pramuka Indonesia juga mendapatkan penghargaan yang sama. Penghargaan itu diberikan kepada Kak Mita Yuniarti berkat dedikasinya dalam Program Relawan Membaca.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault mengucapkan selamat kepada ketiga orang yang telah mengharumkan nama Pramuka Indonesia dengan meraih penghargaan tersebut. Ia memuji Pramuka yang sudah tiga kali meraih penghargaan yang sama.

“Kita ikut bangga. Saya berharap, penghargaan itu dapat menginspirasi Pramuka di manapun berada agar selalu menebar kebaikan, ya minimal di lingkungan sekitarnya. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya dan alam sekitar,” ujar Kak Adhyaksa Dault di Jakarta, Kamis (7/12).

Tahun depan, siapa Pramuka Indonesia yang akan mendapatkan penghargaan World Messengers of Peace Hero Award? Apakah kamu? (MSA/AK)