+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Selasa, 25/09/2018
 LATEST TWEETS   

Sekjen Pramuka Dunia: Kami Dukung Gerakan Pramuka Mandiri

 Kwarnas  13 Agustus 2018  111 views

Sekretaris Jenderal Gerakan Kepanduan Sedunia, World Organization of the Scout Movement (WOSM), Kak Ahmad Al-Hendawi saat berkunjung ke Cibubur, Jakarta, Senin (13/8) | Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Sekretaris Jenderal Gerakan Kepanduan Sedunia, World Organization of the Scout Movement (WOSM), Kak Ahmad Al-Hendawi berkunjung ke Cibubur, Jakarta, Senin (13/8). Kehadirannya dalam rangka mengikuti Peringatan Hari Pramuka ke-57 di Lapangan Gajahmada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, besok (14/8).

Kak Al-Hendawi tiba bersama Direktur Pramuka Asia Pasifik, Kak JRC Pangilinan. Ditemani sejumlah pengurus Kwarnas seperti Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum Kak Kodrat Pramudho, Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Hubungan Luar Negeri Kak Brata T. Harjosubroto dan Kak Indo Reyano Samili, Bendahara Umum Kwarnas Bagas Adhadirga, Kepala Buperta Ahmad Mardiyanto dan lain-lain, Kak Al-Hendawi meninjau sejumlah tempat di Bumi Perkemahan Cibubur dan Taman Rekreasi Wiladatika.

“Terimakasih atas kunjungan Anda di Bumi Perkemahan Pramuka di Cibubur. Di periode sekarang ini, kami berusaha menjadikan Gerakan Pramuka lebih independen dari segi pendanaan. Di antaranya melalui unit-unit usaha yang kami miliki,” ungkap Bagas mewakili Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Menurut Kak Bagas, Kwarnas tidak akan mengandalkan anggaran dari pemerintah, meskipun sebenarnya dianggarkan setiap tahun. “Berapa pun jumlah yang akan dikucurkan, kita tidak akan mengandalkan anggaran dari pemerintah. Gerakan Pramuka punya beberapa unit usaha, meskipun tidak besar. Normalnya pemerintah mendudukng, tetapi kami tidak akan mengandalkan,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, al-Hendawi mengaku akan mendukung langkah Gerakan Pramuka. Bahkan, pihaknya siap membuka pintu komunikasi selebar-lebarnya bagi Gerakan Pramuka. “Respek buat Gerakan Pramuka. Kami akan dukung langkah Gerakan Pramuka untuk mandiri, karena bagaimana pun kami punya tanggung jawab,” ungkapnya.

“Kami akan bantu untuk dapatkan koneksi, support, dan lain-lain. Kami siap bekerja bersama dengan Kwarnas. HP, kantor, dan pintu rumah saya selalu terbuka,” tegasnya.

Sejumlah tempat dikunjungi Kak al-Hendawi dalam lawatan kali ini. Di antaranya, Pusdirga Kwarnas, Saka Wirakartika, Saka Baktihusada, Madu Pramuka, dan Scout Radio. Dia juga meninjau lokasi Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-57 di Lapangan Gajahmada, TRW, Cibubur.

Peringatan Hari Pramuka ke-57 di Cibubur rencananya akan dihadiri Presiden Kak Joko Widodo besok (14/8) pukul 15.00. Sejumlah tokoh, para menteri, kepala daerah baik gubernur maupun walikota/bupati, para ketua Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka dari beberapa wilayah juga akan berkumpul di Cibubur. (AK)