+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 18/12/2017
 LATEST TWEETS   

Sikapi Bencana, Kwarnas Gerakan Pramuka Keluarkan Lima Arahan

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Sejumlah daerah di Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan daerah lainnya dilanda bencana alam. Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) mengeluarkan arahan kepada seluruh Pramuka di daerah terdampak dalam rangka menanggulangi korban bencana yang terjadi hampir bersamaan ini. Apa saja arahannya?

“Pertama, hadirlah di lokasi-lokasi bencana dan di tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan. Kedua, malapor dan berkoordinasi dengan aparat, tokoh setempat, dan organisasi kemanusiaan lainnya,” ujar Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kak Mayjen M. Herindra usai Rapat Koordinasi Bidang Abdimasgana di gedung Kwarnas, Senin sore (4/12).

Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarnas Gerakan Pramuka itu melanjutkan, Pramuka agar selalu menjaga kesehatan diri, keselatamatan kawan dan kehormatan Gerakan Pramuka. Keempat, punya inisiatif dan siap menolong dalam kondisi apa pun. Kelima, Pramuka harus bekerja dengan tuntas sehingga manfaat Gerakan Pramuka dirasakan masyarakat.

“Pramuka selalu hadir saat terjadi bencana di Indonesia. Di Bali ada bencana Gunung Agung meletus, kita sudah mengirimkan tim ke sana. Kita juga sudah membuat dapur air di sana. Kiprah itu akan kita tingkatkan dan Pramuka benar-benar akan terasa manfaatnya bagi masyarakat,” paparnya.

Kak Herindra menandaskan, tidak hanya di dalam negeri, Gerakan Pramuka juga mengirimkan anggotanya saat bencana kelaparan di negara-negara Afrika, seperti Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, Nigeria, dan Palestina. Pramuka juga hadir di Rakhine State, Myanmar untuk mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Rohingya. Jauh sebelum aksi kekerasan terhadap etnis Rohingya kembali mencuat di media massa, Kwarnas sudah beberapa kali menyalurkan bantuan untuk pengungsi Rohingya.

Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Abdimasgana, Kak Ranggawisnu menambahkan, Kwarnas Gerakan Pramuka telah menggalang dana Bumbung Kemanusiaan untuk korban bencana selama dua bulan terakhir. Total, terkumpul dana sebesar Rp700 juta.

Selanjutnya, kata dia, Kwarnas Gerakan Pramuka akan meninjau langsung lokasi-lokasi bencana. Pihaknya akan memantau kerja para relawan di lokasi, apakah sudah efektif atau belum.

“Kalau belum kita bisa beri arahan. Kemudian, kita juga akan menyalurkan bantuan, untuk satgas kita, untuk memperkuat satgas Pramuka Peduli di sana. Biasanya seperti alat pengaman diri, seragam, rompi, dan lain-lain,” pungkasnya. (MSA/AK)