+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Jum'at, 22/09/2017
 LATEST TWEETS   

Pramuka Peduli Rohingya
Sikapi Krisis Rohingya, Gerakan Pramuka Surati Pramuka Myanmar

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Menyikapi krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya, Myanmar, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah mengirimkan surat elektronik kepada organisasi Pramuka Myanmar. Surat tersebut berisi ajakan kepada Pramuka Myanmar untuk turut serta melakukan misi kemanusiaan atas bencana yang menimpa etnis Rohingya.

Hal itu disampaikan Andalan Nasional Kwarnas Urusan Hubungan Luar Negeri, Kak Brata T. Hardjosubroto. Ia mengatakan, selama ini Gerakan Pramuka sangat konsen dalam membantu krisis kemanusiaan yang menimpa para pengungsi Rohingya. Berhubung semakin menguatnya konflik di sana, Gerakan Pramuka menginginkan kerja sama dengan Pramuka Myanmar.

“Dalam hal ini, dengan rendah hati Gerakan Pramuka mengajak berselaras dan koordinasi dengan Pramuka Myanmar untuk melanjutkan gerakan kemanusiaan ini. Oleh karena itu, kami percaya bahwa bersama akan memperkuat dukungan kita untuk Pemerintah Myanmar agar melakukan yang terbaik untuk penduduk Kota Rakhine State,” ujar Kak Brata, Rabu (13/9).

Gerakan Pramuka, kata Kak Brata, selama ini sejalan dengan Pemerintah Indonesia untuk menyuarakan keprihatinan atas musibah yang menimpa etnis Rohingya. Sebagai sesama anggota ASEAN Scout Association for Regional Cooperation (ASARC) atau asosiasi Pramuka se-ASEAN, Pramuka punya komitmen meningkatkan rasa gotong royong.

“Kami percaya bahwa dengan melakukan ini bersama, kita bisa memelihara semangat kepramukaan yang baik, solidaritas dan persaudaraan bersama masyarakat Myanmar pada umumnya, jauh dari tujuan dan niat politik,” jelasnya.

Kepedulian Gerakan Pramuka terhadap Rohingya diwujudkan dengan mengadakan aksi Bumbung Kemanusiaan. Saat ini, hampir semua daerah di Indonesia tengah melakukan penggalangan dana untuk membantu Rohingya. Sebagian masih berjalan, dan sebagian lain sudah menyetorkan hasil penggalangan dana mereka ke rekening Pramuka Peduli untuk disalurkan kepada pengungsi Rohingnya.

Diketahui Gerakan Pramuka melalui wadah Pramuka Peduli aktif terlibat dalam sejumlah misi kemanusiaan, seperti bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, tanah longsor, bencana kelaparan dan kekeringan. Bahkan, Gerakan Pramuka juga aktif mendistribusikan bantuan ke negara-negara Afrika, seperti Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, dan Nigeria.

Bantuan dari Pramuka maupun masyarakat umum dapat disalurkan melalui nomor rekening 909010100 BNI Cabang Menteng, Jakarta Pusat atas nama Pramuka Peduli. Konfirmasi pengiriman bantuan bisa menghubungi Kak Ranggawisnu (089503197260), Kak Luqman (08179975424) dan email: info@pramukapeduli.org. (HA/AK)