+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 20/11/2017
 LATEST TWEETS   

Video Karapan Sapi Anak Pramuka ini Menarik Perhatian Netizen‎

Sumber Foto: Instagram @ReporterPramuka

Sumber Foto: Instagram @ReporterPramuka

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Madura tidak hanya dikenal oleh masyarakat dengan wisata alamnya berupa pantai dan pegunungan yang indah, wilayah ini juga dikenal karena budayanya yang kuat dan kulinernya yang khas.

Cerita menarik tentang budaya Madura itu dipromosikan oleh Pramuka Penggalang bernama Asharil Akmal dari Bangkalan. Ia membuat video reportase tentang lomba karapan sapi di Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan yang menjadi budaya masyarakat Madura.

“Karapan sapi merupakan tradisi yang identik dengan Madura. Dalam karapan sapi ini terdapat dua ekor sapi dan satu orang coki untuk berlari secepat mungkin sampai garis finis. Luas dasar pacu kurang dari 100 meter dan berlangsung dalam waktu 10 detik sampai satu menit,” katanya. ‎

Video menarik ini dikirim oleh akun instagram @aanhari30. Dalam waktu satu jam diposting di akun instagram @gerakanpramuka Rabu (12/4/2017), video reportase lomba karapan sapi sudah menarik perhatian netizen dengan ditonton 1.015 orang, dengan 10.11 like.

 

 


 

Sebelumnya, dua orang Pramuka Penggalang dari Bangkalan juga sudah membuat video reportase yang menarik tentang Jembatan Suramadu dan ‎video mengenalkan wisata Bukit Kapur Jaddih. Kedua video ini menarik perhatian netizen.

Video kreatif yang dikirim oleh anak Pramuka ini dalam rangka mengikuti lomba video reportase yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Tentu bukan hanya cerita tentang kearifan budaya Madura, banyak video-video kreatif yang lain yang dikirim oleh anak-anak Pramuka di seluruh Indonesia.

Bagi anak Pramuka yang belum sempat membuat video reportase tentang, pariwisata, kuliner dan budaya daerah atau tentang tokoh inspiratif, kalian masih punya kesempatan untuk membuat dan mengirimkan ke Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, karena batas terakhir sampai 25 April 2017. Lomba ini berhadia jutaan rupiah. (HA/Tim Siber Pramuka)