+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Jum'at, 22/09/2017
 LATEST TWEETS   

Wakil Ketua DPR: Orang Sukses Masa Kecilnya Ikut Pramuka

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID –  Wakil Ketua DPR Kak Agus Hermanto mengatakan, salah satu alasan mengapa Gerakan Pramuka masih tetap digemari oleh peserta didik adalah karena di dalam Gerakan Pramuka diajarkan pendidikan karakter yang tidak didapatkan di sekolah ataupun di rumah.

“Pendidikan di Gerakan Pramuka itu mengasyikkan. Saat siswa jenuh dengan pendidikan di kelas, Pramuka menawarkan pendidikan di luar ruang dengan konsep bermain yang mengasyikkan. Dan Karakternya yang kuat itu menjadi alasan Gerakan Pramuka sampai saat ini masih tetap digemari oleh anak muda,” ujar Kak Agus saat ditemui di DPR, Senin (17/7).

Kak Agus juga menyebut siswa yang aktif di Gerakan Pramuka adalah orang pilihan. Karenanya, ia yakin orang sukses saat ini masa kecilnya pasti pernah mengikuti pendidikan kepramukaan. “Rata-rata orang yang sukses pasti masa kecilnya pernah ikut Pramuka. Yang saya tahu disiplin dalam bekerja adalah nafas yang diajarkan di Pramuka,” tuturnya.

Ia juga menyambut baik rencana Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan Raimuna Nasional (Rainas) XI pada Agustus mendatang. Menurutnya, banyak makna yang bisa diambil dari setiap kegiatan kepramukaan seperti Raimuna, kemahnya Pramuka Penegak dan Pandega.

“Perkemahan juga bukan hanya sekadar untuk berkumpul. Tapi di sana diajarkan kebersamaan, keteladanan, kekompakan, dan kesabaran. Jadi sukses untuk Raimuna Nasional,” jelasnya.

Diketahui, Rainas akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, pada 13-21 Agustus 2017. Kegiatan ini akan diikuti 15.000 peserta dari 34 Provinsi dan 514 kota/kabupaten. Rencananya, kegiatan lima tahunan ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. (HA/AGUS)