World Organization of the Scout Movement (WOSM) baru-baru ini meluncurkan identitas merek baru dengan rebranding bertajuk “Ready for Life,” menandai era baru dalam gerakan kepanduan dunia. Langkah ini mencerminkan komitmen WOSM untuk menjadi organisasi yang lebih inklusif, modern, dan relevan dengan perkembangan zaman. Selain itu, langkah ini merupakan salah satu tujuan utama dalam World Triennial Plan 2021-2024 yang disetujui oleh World Scout Conference pada tahun 2021. Tujuannya adalah untuk menciptakan merek yang lebih berani, modern, muda, dan digital, serta memposisikan dan mempromosikan kepanduan dunia sebagai gerakan pemuda terdepan yang paling menginspirasi dan inklusif di dunia.
Merek yang disegarkan ini mencakup beberapa elemen kunci, antara lain:
- Strategi dan Kerangka Merek – Strategi dan narasi merek yang disegarkan berfokus pada misi inti kepanduan, sejalan dengan visi dan prioritas strategi kepanduan yang baru;
- Lambang World Scout – Desain baru lambang World Scout (kepanduan dunia) dibuat sesuai dengan ketentuan dalam Konstitusi WOSM dan tetap menjadi simbol Scout Movement (gerakan kepanduan);
- Logo dan Tanda Kata World Scouting – Logo dan tanda kata World Scouting (WOSM) yang diperbarui menggunakan variasi modern dari Lambang World Scout (kepanduan dunia) yang telah didesain baru, serta akan menggantikan logo dan tanda kata “Scouts” yang ada saat ini;
- Slogan – Slogan baru “Ready for Life” tersedia dalam bahasa resmi dan kerja World Scouting (WOSM) menggantikan slogan sebelumnya “Creating a Better World“;
- Warna – Palet warna yang lebih cerah dan mudah diakses dengan warna ungu tetap menjadi elemen sentral dari merek World Scouting (WOSM) yang disegarkan;
- Tipografi – Font unik dan segar yang diintegrasikan ke dalam logo baru, serta koleksi font sekunder untuk penggunaan sehari-hari;
- Elemen Kreatif Sekunder – Elemen desain grafis dan identitas visual yang kreatif yang dapat digunakan sebagai elemen merek sekunder untuk aplikasi yang lebih luas.
Sebuah Slogan yang Bicara Tentang “Ready for Life”
Slogan baru WOSM, “Ready for Life,” mencerminkan misi kepanduan untuk berkontribusi dalam pendidikan kaum muda, sehingga mereka dapat menjadi warga global yang berperan konstruktif dalam masyarakat. Slogan ini sederhana dan terhubung dengan sempurna dengan moto kepanduan “Be Prepared.”
Slogan ini digunakan dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, dan Arab sebagai bahasa resmi WOSM. Ini menawarkan elemen merek kreatif yang terpisah dari logo yang dapat digunakan di berbagai aplikasi digital, periklanan, cinderamata, dan kampanye.
Desain dan Elemen Visual Baru
Rebranding ini melibatkan desain ulang yang signifikan, termasuk logo, lambang, dan elemen visual lainnya. Lambang baru menggabungkan elemen-elemen yang lebih segar dan modern, dengan warna ungu tetap sebagai warna utama, simbol dari kesatuan dan identitas kepanduan. Font yang digunakan juga mengalami penyegaran, mencerminkan semangat muda dan dinamis yang ingin disampaikan WOSM. Bila diamati dengan seksama akan terlihat jelas beberapa perbedaan yang disajikan, seperti bunga lili yang lebih tebal, kini menjadi lebih ramping dan sedikit memanjang ke atas, kemudian tali simpul yang mengelilingi bunga lili sebelumnya putus-putus, kini tegas tanpa terputus atau tersambung.
Proses dan Partisipasi Global
Proses penyegaran ini dimulai pada Oktober 2022, di mana tim khusus yang terdiri dari staf dan relawan World Scout Bureau (Biro Kepanduan Dunia) bekerja sama dengan agen kreatif dan desainer kelas dunia. Mereka fokus pada adaptasi untuk penggunaan digital, dengan melakukan penelitian mendalam terhadap persepsi merek saat ini melalui analisis sentimen daring dan berbagai kelompok diskusi dengan pimpinan National Scout Organization (NSO), anggota muda, anggota dewasa, staf biro, anggota Komite Dunia dan Regional, serta mitra dan pemangku kepentingan utama dalam kepramukaan. Pembaruan kemajuan proyek penyegaran merek secara rutin dibagikan melalui ScoutPak (rilis) dan rapat dengan pimpinan NSO sepanjang triennium.
Peluncuran Resmi
Identitas baru ini akan diluncurkan secara resmi pada Konferensi Kepanduan Dunia ke-43 yang akan diadakan di Kairo, Mesir pada 17 – 23 August 2024. Hingga konferensi dilaksanakan, identitas kepanduan dunia saat ini akan tetap berlaku, setelah itu akan dihapuskan dan digantikan dengan yang baru sambil memberikan waktu untuk transisi. Gerakan Pramuka akan tetap menggunakan identitas kepanduan dunia saat ini sampai terbit Surat Edaran Kwartir Nasional tentang penyesuaian identitas baru kepanduan dunia.
WOSM berharap bahwa perubahan ini akan membantu memperkuat pesan dan misi mereka dalam menciptakan dunia yang lebih baik melalui kepanduan, memastikan bahwa setiap pemuda siap menghadapi tantangan masa depan.