PT Molino Pramuka

Perusahaan yang berdiri pada 1970 ini memiliki sejarah yang sangat erat dengan perjalanan kegiatan kepramukaan dan Bapak Pramuka Indonesia, Kak Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Kak Sultan yang menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional sejak 1961 hingga 1974, menyumbang aset pribadinya untuk modal usaha PT Molino.

Oleh karena itu, sejak awal keberadaan, perusahaan ini diharapkan mampu menjadi unit usaha yang profit oriented sehingga dapat mendukung pendanaan Gerakan Pramuka. Melalui jaringan yang dimiliki Gerakan Pramuka, PT Molino diharapkan akan lebih mudah mengembangkan usaha.

Pada 2010, Ketua Kwarnas Kak Azrul Azwar mengintegrasikan PT Molino dengan BUPP dan Kedai Pramuka melalui Business Plan PT Molino Pramuka 2010-2015. Tujuannya untuk memantapkan ekspansi bisnis.

PT Molino berharap dapat memfasilitasi dan mendorong pencapaian tujuan pendidikan kepramukaan dengan menjadikannya pula sebagai media pengembangan sikap dan keterampilannya kewirausahaan bagi Pramuka.

Pada akhirnya PT Molino dapat membuka lapangan kerja dengan mewadahi, memasarkan dan mengembangkan produk kreatif, barang dan jasa yang dihasilkan oleh para anggota maupun  purna anggota Gerakan Pramuka.

Dari rencana bisnis itu, PT Molino mengembangkan bidang usaha jasa yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan media pendidikan dan jasa pendukung penyelenggaraan pendidikan, guna memenuhi kebutuhan tingkat daerah, nasional maupun internasional.

Jenis usahanya antara lain Management Event & Exhibition, Usaha Jasa Marketing & Sponsorship Gerakan Pramuka, Usaha Jasa Travel & Scout tourism, Usaha Jasa Produksi Peraga dan Materi Pelatihan Kepramukaan berbasis CMC (Computer Mediated Communication) dan Usaha Jasa Penyelenggaraan Edutainment & Capacity Building berbasis Scout value dan Scout activities.

PT Molino juga diharapkan berperan sebagai Pusat Wirausaha Pramuka. Hal ini selaras dengan pencanangan “Gerakan Nasional Kewirausahaan” oleh Presiden pada 2 Februari 2011.

Kini, PT Molino semakin berkembang di bawah kepemimpinan Kak Budi Waseso sebagai Ketua Kwarnas. Meskipun sempat terhalang oleh pandemi Covid-19, tetapi secara perlahan unit usaha itu bangkit kembali.

Pimpinan Perusahaan

  1. Komisaris Utama : Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, S.IP., M.AP
  2. Komisaris : Iman Suhasto
  3. Direktur Utama : Yogo Wasono
  4. Direktur Operasional : Rio Ashadi
  5. Direktur Keuangan : Rapin Mudiardjo

Instagram : @molino.pramuka

Kwarnas Gerakan Pramuka

Jl. Medan Merdeka Timur  No. 6 , Gambir, Jakarta 10110, Indonesia
Email : kwarnas@pramuka.or.id
Telfon : +62 21 3507645
WhatsApp : 0812-9590-2452

Media Sosial


Peta Lokasi