PT Madu Pramuka

Sekjen Kwarnas Kak Azis Saleh menggagas berdirinya Pusat Apiari Pramuka pada acara lokakarya peternakan lebah di Jakarta, tahun 1970.  Beliau ingin menerapkan kegiatan peternakan lebah secara modern di Indonesia.

Pada awal berdirinya Madu Pramuka bernama Pusat Apiari Pramuka yang didirikan atas gagasan dari Sekjen Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bapak Mayjen. Dr. Azis Saleh yang ingin menerapkan kegiatan peternakan lebah secara modern di Indonesia pada tahun 1970.

Gagasan tersebut diungkapkan dalam workshop peternakan lebah di Jakarta yang diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 1970. Salah satu hasil dari workshop tersebut adalah pembentukan suatu badan untuk menampung segala aktivitas peternakan lebah di lingkungan Gerakan Pramuka.

Sehingga pada tanggal 20 Agustus 1971 terbentuklah suatu unit usaha Pramuka yang disebut Pusat Apiari Pramuka (Pusat Peternakan Lebah Pramuka). Pada awal tahun 2004, Kepala Unit Pusat Perlebahan Apiari Pramuka mengusulkan kepada Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk mengubah status unit usahanya menjadi Perseroan Terbatas.

Usulan tersebut bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam bekerjasama dengan pihak lain sehingga Madu Pramuka dapat semakin berkembang dan dikenal luas sebagai pionir perlebahan modern di Indonesia. Akhirnya pada tanggal 5 Januari 2005 Pusat Perlebahan Apiari Pramuka resmi menjadi perseroan terbatas dengan nama PT. Madu Pramuka.

Lembaga ini makin terkenal dan produk madunya diterima di pasar. Keberhasilan lembaga ini menarik minat pemerintah, yang kemudian menjadikannya sebagai pusat percontohan perlebahan Indonesia.

Ketua Kwarnas Kak Azrul Azwar kemudian mengubah status unit usaha ini menjadi Perseroan Terbatas (PT), pada 5 Januari 2005.  Tujuannya untuk memudahkan perusahaan bekerja sama dengan pihak lain sehingga Madu Pramuka dapat semakin berkembang dan dikenal luas sebagai pionir perlebahan modern di Indonesia.

Peningkatan produksi dan penetrasi pasar terus dilakukan. PT Madu Pramuka menjadi pendorong dan lokomotif Asosiasi Perlebahan Indonesia. Selain sebagai peternak lebah, PT Madu Pramuka menjadi pusat informasi dan taman wisata lebah. Mereka juga menyelenggarakan paket pelatihan bagi pramuka dan masyarakat umum.

Alamat : Jalan Komplek Wiladatika Cibubur-Jakarta Timur 13720.
Telp : +6221 844 5104
WhatsApp : +62 813 1986 0660
Email : admin@madupramuka.co.id
Website : madupramuka.co.id

Kwarnas Gerakan Pramuka

Jl. Medan Merdeka Timur  No. 6 , Gambir, Jakarta 10110, Indonesia
Email : kwarnas@pramuka.or.id
Telfon : +62 21 3507645

Media Sosial


Peta Lokasi